Tema pengembangan kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan 
Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui 
penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan 
pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan 
kehidupan dan ilmu pengetahuan abad 21, kini memang telah terjadi 
pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi
 pada kurikulum 2013. Skema 1 menunjukkan pergeseran paradigma belajar 
abad 21yang berdasarkan ciri abad 21 dan model pembelajaran yang harus 
dilakukan.
Sedang gambar 1 adalah posisi kurikulum 2013 yang terintegrasi 
sebagaimana tema pada pengembangan kurikulum 2013. Sudah barang tentu 
untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung 
kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan kurikulum yang mengedepankan 
pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan 
mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas 
peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk 
bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning. Pertanyaannya, 
pada pengembangan kurikulum 2013 ini, apa saja elemen kurikulum yang 
berubah? Empat standar dalam kurikulum meliputi standar kompetensi 
lulusan, proses, isi, dan standar penilaian akan berubah sebagaimana 
ditunjukkan dalam skema elemen perubahan.
Perubahan yang Diharapkan
Pengembangan kurikulum 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap 
beberapa permasalahan yang melekat pada kurikulum 2006, bertujuan juga
 untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam 
melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan 
(mempresentasikan), apa yang di peroleh atau diketahui setelah siswa 
menerima materi pembelajaran.
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi 
sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih baik. Mereka akan 
lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada lima 
entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan,
 manajemen satuan pendidikan, Negara dan bangsa, serta masyarakat umum, 
yang diharapkan mengalami perubahan. Skema 2 menggambarkan perubahan 
yang diharapkan pada masing-masing enitas.
Sumber : www.kemdikbud.go.id
 
 






